Rabu, 15 Mei 2013

Surya 12 Dragbike Malang, Motor Ucil Terbakar

 

ManiakMotor - Sesi latihan resmi baru dimulai, ’sensasi’ muncul dalam seri-5 Surya 12 Dragbike Championship (S12DC) di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Pembuka acara Minggu 15 Juli 2012 itu, motor Ardiansyah Ucil dari tim Surya 12 Evalube NHK berasap. Kira-kira seperti kebakaran menghangatkan kota Malang yang sejuk. Cuma foto yang didapat hanya sisa-sisa kejadian. Reporter maniakmotor.com (MM) kebetulan lagi meliput umbrella girls. Macam mana?
Itu bikin panik panitia, penonton, Ucil sendiri dan tentu saja repoter MM yang sedang asyik jiprat-jepret dan spontan berlari. ”Tiba-tiba seperti ada percikan api dari kabel baterai. Tak lama kemudian keluar api sungguhan,” ujar Ucil menceritakan kronologis sembari reporter MM terdiam lantaran tidak dapat foto ceweknya dan kebakarannya.
Nah itu untungnya panitia yang siap. Namanya juga kejurnas, semua persiapan standar event tersedia. Huppp... tabung pemadam kebakaran segera ‘membunuh’ api berkobar. Pantas, reporter MM tak sempat memotrenya kebakaran Suzuki Satria yang akan diadu di  bebek 125 cc 2-tak tune-up itu. “Percikan api dipicu dari kabel yang terbuka. Sepertinya sepele, tapi bisa fatal, bro,” sambung Antonius Petruk rekan satu tim Ucil. 
Benar tuh, jangan remehkan! Segera cek kembali kabel kelistrikan bodi kuda besi kalian. Pastikan juga kabel itu punya kualitas. ”Dalam teorinya kan kabel untuk menghantarkan arus listrik. Tahu sendiri pada motor spek balap seperti ini, kuat arusnya jelas beda dengan motor harian. Apalagi bahan bakarnya racing semua,” sambung Rio Teguh, bos tim Surya 12 Evalube NHK yang sengaja hadir ke Malang.
So, sok-sok’an, percikan api sekecil apa pun jadi lebih ’responsif’. Dari hasil investigasi MM sepertinya kondisi kabelnya memang sudah ’berumur’, pengisolasiannya pun kurang rapat. ”Apapun alasannya, yang jelas ini pengalaman mahal. Bukan hanya kerugian materi, tapi juga jiwa. Ngeri euy,” tutup Ucil.
Hati-hatilah! Ardel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar